Sabtu, 14 Februari 2009

Student Geoscience Olympiad (SGO) 2007


Dari sini....
Di sini....
Dari tempat ini...
Dari detik ini....

Perjalananku menuju Kemenangan Hati dimulai...

Student Geoscience Olympiad (SGO) 2007

Awal perjalanan menuju Korea Selatan dimulai dari sebuah kompetisi di tingkat nasional bernama Student Geoscience Olympiad (SGO) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Jurusan Geologi Universitas Gadjah Mada (FT-UGM). Kompetisi ini merupakan kompetisi di bidang ilmu Sains Geologi yang bertujuan untuk mencari 4 wakil Indonesia dalam Kejuaraan International yang pertama bernama 1st International Earth Science Olympiad (IESO) di Korea Selatan pada Oktober 2007. Student Geoscience Olympiad dilaksanakan dalam enam tahapan :

1) Kompetisi ini diawali dengan pembuatan karya ilmiah dengan tema ‘’Pemanfaatan Sumber Daya Geologi’’. Proses penelitian dan pembuatan karya ilmiah dilaksanakan selama 3 bulan di daerah masing-masing. AKU melakukan penelitian di bidang sumber daya mineral dan batuan dan membuat karya ilmiah berjudul “Studi Pemanfaatan Zeolit Oleh Peternak Ikan Desa Kalipelus Kabupaten Banjarnegara Sebagai Penetral Racun Kolam Ikan”. Penelitian dilakukan secara individu (sendirian) tanpa berkelompok.

2) Karya Ilmiah yang telah selesai dibuat dikirimkan ke Fakultas Teknik Jurusan Geologi Universitas Gadjah Mada (FT-UGM).

3) Karya ilmiah yang masuk dari seluruh SMA di Indonesia diseleksi selama satu bulan oleh Tim dewan juri dari dosen FT Geologi-UGM. Kemudian, diambil 10 karya terbaik yang berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya. AKU berhasil masuk dalam 10 besar finalis dengan berada di urutan ketujuh dari 10 finalis.

4) Kesepuluh finalis terbaik diundang ke FT-UGM pada tanggal 15 Mei 2007 kemudian mempresentasikan karya ilmiah masing-masing finalis pada tanggal 16 Mei 2007.

5) Kesepuluh finalis kemudian diberikan materi mengenai ilmu kebumian selama 3 hari dari tanggal 16 – 18 Mei 2007 yang akan menjadi materi dalam tes tertulis.

6) Menjalani tes tertulis pada tanggal 18 Mei 2007, praktik di laboratorium 18 Mei 2007, dan tes di lapangan 19 Mei 2007. Soal tertulis diberikan dalam bahasa inggris.

Inilah 10 besar SGO 2007:

1
Aulia Ardiani Widyasari
Epiza Aswa Widigda
Uzlifatul Jannah
SMAN 3 Jombang
Pemanfaatan Sumber Air Belerang sebagai Pupuk Organik dalam Menekan Biaya Produksi dan Meningkatkan Hasil Tanaman Padi (Oriza satifa.L) (Studi Lapang di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto)
2
Yuny Fikriyah S
Ita Musta’inah
Ahmad Faris SN
SMAN 2 Jombang
Pemanfaatan Zeolit Alam dalam Meningkatkan Kualitas Minyak Goreng Bekas Melalui Proses Adsorbsiv (Studi Pengurangan Bilangan Asam)
3
Mayda Diyan Star Wicaksono
Fajar Yunus Sobirin
MAN 3 Kediri
Pengaruh Pemberian Serbuk Lempung Aktif (Zeolit) Terhadap Perubahan Bau, Warna, dan Tingkat Keasaman (pH) pada Limbah Cair Fotografi, Kertas, dan Rumah Tangga.
4
Melliza Pretty Putri Utami
SMAN 1 Pontianak
Analisis Pemanfaatan Kaolin di Kalimantan Barat untuk Industri Hilir Berdasarkan Karakteristik Endapan Kaolin.
5
Aldino Niki Mancer
Ihda Ahmad Soduwuh
La Ode Ibnu Hafidz S
Sulistyowati
SMAN 1 Kebumen
Pemanfaatan Sumberdaya Lempung Pada Industri Genteng Sokka di Kabupaten Kebumen.
6
Diah Anisa Dwirini
SMAN 4 Yogyakarta
Pasir Besi Pantai Selatan Kabupaten Kulonprogo (Pantai Glagah dan Congot) yang Belum Pernah Disentuh
7
Zainal Imron Hidayat
SMAN 1 Banjarnegara
Studi Pemanfaatan Zeolit oleh Peternak Ikan Desa Kalipelus Kabupaten Banjarnegara sebagai Penetral Racun Kolam Ikan
8
Ismah Kamalia
Nurul Fajri
Diana Sari
SMAN 10 Fajar Harapan
Analisa Kadar Sufat (SO4) pada Air Sumur Gali Pasca Tsunami di Kota Banda Aceh
9
Nisaul Fahmi
SMAN 1 Sulang, Rembang-Jateng
Identifikasi Karakter Fisika dan Kimia Lumpur Lapindo Sidoarjo “LUSI”.
10
Desty Arum Sasi
SMAN 1 Sleman
Pemanfaatan Tanah Liat sebagai Bahan Baku Pembuatan Genting.

Setelah melewati masa tes yang berat dan panjang, diambillah 4 besar juara yang berhak berangkat ke Korea Selatan guna mengikuti International Earth Science Olympiad. Pengumuman juara dilaksanakan pada malam minggu 19 Mei 2007 di Halaman Gedung KPTU Fakultas Teknik UGM. Alhamdulillah, AKU mendapatkan urutan ketiga dari 4 juara. Para juara di Student Geoscience Olympiad adalah :

1) Nisaul Fahmi (SMAN 1 Sulang, Rembang)

2) Diah Anisa Dwirini (SMAN 4 Yogyakarta)

3) Zainal Imron Hidayat (SMAN 1 Banjarnegara)

4) Meliza Pretty Putri Utami (SMAN 1 Pontianak)


1 komentar:

  1. Salam kenal, saya seorang guru, murid saya akan saya persiapan untuk ikut olimpiade geoscience, kira-kira punya koleksi soal-soal latihannya? terimakasih... sukses....

    BalasHapus